ucapan abu Mansur Al-hallaj sesaat ketika Ia berada ditiang gantungan

kami berada disini kekasihku, kesaksianMu..
kami meminta perlindungan dari pesonaMu
smoga engkau memberiku apa yg ingin kuraih

o,Engkau Tuhan langit dan bumi yg bersinar
ketika kami redup dalam simpuhMu
sebagai mana Engkau bersinar didepan malaikat
Dan setan remuk bentuk dari apiMu

Aku adalah bentuk turun Adam hadir dalam wicaraMu
Engkau telah memberiku kesaksianMu
ketika merka menangkap, menuduh dan mencemohkanku
aku hanya sendiri mengarungi lautMu
dalam bentuk yg indah dan menak jubkan

aku rela disiksa oleh tangan-tangan besi
untuk mengucapkan perkataan yg memberiku kehidupan
aku rela ditawan, dipenjara, kemudian dihukum gantung
darahku mengalir bagai gurun, ditengah gelombang sungai tigris
tidak, tidak mungkin aku menyembunyikanMu
untuk memilikiMu semata arela hilang bentuk wujudku
aku menangis kepadaMu, bukan untuk diriku sendiri
tapi bagi jiwa jiwa yg merindukanMu
yg saksinya aku sendiri yg sekarang sampai kepadaMu saksi keabadian

Mansur Al-hallaj